Daun Salam

Daun-SalamDaun Salam (Eugenia polyantha) (Syzygium polyanthum)

Secara ilmiah tumbuhan Daun Salam ini diklasifikasikan sebagai Kingdom: Plantae, Divisi: Spermatophyta, Sub Divisi: Angiospermae, Kelas: Dicotyledoneae, Sub kelas : Dialypetalae, Bangsa : Myrtales, Suku : Myrtacea, Marga : Syzygium, Jenis : Syzygium polyanthum
Struktur pohon
Pohon berukuran sedang, mencapai tinggi 30 m dan gemang 60 cm, pepagan (kulit batang) berwarna coklat abau-abu, memecah atau bersisik. Daun berbentuk simpel, bangun daun jorong, pangkal daunnya tidak bertoreh dengan bentuk bangun bulat telur (ovatus), runcing pada ujung daun, pangkal daun tumpul (obtusus), terdapat tulang cabang danurat daun, daun bertulang menyirip (penniversis), tepi daun rata (integer). Daun majemuk menyirip ganda (bipinnatus) dengan jumlah anak daun yang ganjil, daging daun seperti perkamen (perkamenteus) daunnya duduk, letak daun penumpu yang bebas terdapat di kanan kiri pangkal tangkai daun disebut daun penumpu bebas (stipulae liberae), tangkai daunnya menebal di pangkal dan ujung, beraroma wangi dan baru dapat digunakan bila sudah dikeringkan.

Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm, Helai daun berbentuk jorong lonjong, jorong sempit atau lanset, 5-16 x 2,5-7 cm, gundul, dengan 6-11 urat daun sekunder, dan sejalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.

Batang tinggi berkisar antara 60 kaki hingga 90 kaki, bercabang-cabang, biasanya tumbuh liar di hutan. Arah tumbuh batang tegak lurus (erectus), berkayu (lignosus) biasanya keras dan kuat, bentuk batangnya bulat (teres), batangnya beralur (sulcatus), cara percabangannya monopodial karena batang pokok selalu tampak jelas, arah tumbuh cabang tegak (fastigiatus) sebab sudut antar batang dan cabang amat kecil, termasuk dalam tumbuhan menahun atau tumbuhan keras karena dapat mencapai umur bertahun-tahun belum juga mati.

Akar termasuk akar tunggang (radix primaria), berbentuk sebagai tombak (fusiformis) karena pangkalnya besar dan meruncing keujung dengan serabut-serabut akar sebagai pencabangan atau biasa disebut akar tombak, sifatnya adalah akar tunjang karena menunjang batang dari bagian bawah kesegala arah.


Baca juga Cara Budidaya Daun Salam

Related Posts:

0 Response to "Daun Salam"

Posting Komentar