Budidaya Jahe Merah


Budidaya-Jahe-Merah
Metode penanaman Jahe Merah menggunakan Polybag.
Dengan menyediakan polybag yang diisi dengan tanah, pasir dan pupuk organik dengan komposisi perbandingan 1:1:1, penyiapkan bibit; bibit yg baik biasanya yang berumur tua, tidak ada luka atau lecet dan berwarna cerah. Setelah mendapatkan bibit yang baik kemudian lakukan perendaman pada bibit dengan larutan fungisida selama ± 15 menit dengan tujuan membebaskan bibit dari penyakit, jamur ataupun gangguan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kebusukan pada bibit. Selanjutnya dengan melakukan penyemaian pada bibit tadi dengan menempatkan bibit ditempat yang lembab dan terhindar dari sinar matahari secara langsung; gunakan jerami atau alang-alang sebagai alas dan penutupnya. Lakukan pengontrolan tiap hari untuk menjaga agar kondisi bibit tetap pada keadaan lembab, apabila terlalu kering lakukan penyiraman sedikit demi sedikit hingga bibit terlihat lembab kembali.

Pada usia semai ± 2 minggu bibit Jahe Merah seharusnya sudah mengeluarkan tunas sebagai pertanda bibit Jahe Merah sudah siap untuk dipindahkan ke media Polybag yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pindahkan bibit kedalam polybag dengan menancapkan 3 – 4 rimpang dengan posisi mata tunas berada diatas, uruk sedikit dengan tanah ±4cm atau dapat pula ditutup pakai jerami dengan ketebalan yang sama. Siram dengan air secukupnya lalu tempatkan pada daerah yang tidak terkena cahaya matahari langsung sampai tunas mengeluarkan daun, agar daun tidak terlihat layu atau kekuningan dikarenakan terkena paparan sinar matahari.

Perawatan Jahe Merah; dengan melakukan penyiraman secara rutin pada usia tanam 0 – 3 bulan agar dapat menjaga kelembapannya. Di usia tanam mencapai 2 bulan lakukan pemupukan agar menjaga tingkat kesuburan Jahe Merah dengan memberikan pupuk organik sebanyak ±1/5 dari kapasitas media tanam. sebelum Jahe Merah mencapai usia 4 bulan lakukan penyiangan yang berguna untuk menghilangkan gulma pengganggu. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik lakukan proses pemupukan sebanyak 3 kali sebelum masa panen tiba.

Usia panen Jahe Merah biasanya pada saat usia tanam sudah mencapai 10 – 12 bulan, namun untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal yaitu usia tanam genap 1 tahun atau 12 bulan dimana Jahe Merah yang akan dipanen benar-benar sudah tua. Cara panennya pun mudah yaitu dengan menyobek plastik polybag, ambil dan cuci bersih rimpang Jahe Merah tersebut kemudian dikeringkan atau diangin anginkan.

Related Posts:

1 Response to "Budidaya Jahe Merah"